Dey Macha

dsp160519

dsp231112
IKLAN BANNER RM30-TEKS RM10 SEBULAN biaqpila(at)gmail.com



Ahad, Mac 22, 2009

Setan Merah Terpuruk di Craven Cottage




LONDON, KOMPAS.com - Manchester United (MU) kembali mengalami kekalahan. Tampil di kandang Fulham, Craven Cottage, Sabtu (21/3), klub berjuluk Setan Merah itu dipaksa menyerah 0-2.

Setelah kekalahan 1-4 dari Liverpool di Old Trafford, MU berusaha bangkit. Meski bertandang, mereka tetap mencoba tampil menyerang. Tanpa Wayne Rooney sejak awal, MU tetap berusaha menekan dari berbagai sisi.

Namun, MU lengah ketika Fulham melakukan serangan balik. Gawang Edwin van der Sar terancam, ketika Danny Murphy melakukan tendangan bebas.

Bola terlepas liar dan ditanduk Bobby Zamora lewat atas Paul Scholes dan mengarah ke gawang. Namun, Scholes menepis bola dengan tangannya. Wasit Philip Dowd pun tanpa ragu memberi kartu merah kepada Scholes dan menghukum MU dengan tendangan penalti. Danny Murphy yang menjadi eksekutor, tanpa kesulitan menaklukkan Edwin van der Sar pada menit ke-18, 1-0.

Bermain 10 orang, MU tetap berusaha menekan. Namun, pekerjaan mereka menjadi sangat berat. Sebab, pertahanan Fulham sangat ketat, selain serangan MU kurang didukung jumlah pemain yang cukup.

Memasuki babak kedua, Sir Alex Ferguson memasukkan Wayne Rooney menggantikan Dimitar Berbatov. Tekanan MU baru semakin tajam. Bahkan, Fulham terpaksa lebih banyak bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik. Namun, tetap saja MU kesulitan membongkar pertahanan Fulham yang cukup disiplin.

Pada menit ke-57, Cristiano Ronaldo sebenarnya berpeluang mencetak gol. Dia mampu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap Mark Schwarzer.

Semenit kemudian, giliran Darren Fletcher mendapat kesempatan menendang bola dari luar kotak penalti, menerima umpan John O'Shea. Namun, tendangannya juga terlalu tepat ke Schwarzer, hingga mudah dia tangkap.

Mendapat angin, MU terus mencoba menekan. Menit ke-61, Rooney berhasil melakukan penetrasi, masuk ke kotak penalti. Dia kemudian melepaskan umpan silang ke Cristiano Ronaldo. Meski sudah di depan gawang, sundulannya terlalu lemah dan mampu dikuasai Schwarzer.

Schawrzer memang tampil gemilang. Dia mampu menjaga gawangnya dengan baik. Pada menit ke-64, sebuah serangan bertubi MU mampu dia gagalkan. Bola silang Ronaldo dipotong Park Ji Sung. Meski jarak dekat, tapi Schwarzer mampu memblok tendangannya. Bola terlepas dan ditendang Rooney ke gawang. Sekali lagi, Schwarzer membloknya. Masih belum selesai, Rooney mengejar bola rebound dan menendangkan ke gawang Fulham lagi. Sekali lagi pula, Schwarzer melakukan penyelamatan gemilang.

Pertahanan Fulham kali ini benar-benar parah. Tak lama kemudian, Ronaldo yang mendapat umpan Fletcher, mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti. Bola tendangannya sudah mengarah ke pojok kanan gawang Fulham, tapi masih bisa ditepis Schwarzer.

Menit ke-69, Ferguson melakukan perjudian. Dia menarik defender John O'Shea, diganti dengan penyerang Carlos Tevez. Sebuah langkah berani, karena MU hanya tampil 10 orang. Di lini belakang pun tinggal Patrice Evra, Jonathan Evans, dan Rio Ferdinand.

Strategi itu ternyata kurang manjur, bahkan bisa dikatakan sebagai blunder. Sebab, Fulham akhirnya malah bisa mendapat ruang menekan dan beberapa kali mengancam gawang Van der Sar.

Benar juga. Pada menit ke-87, MU akhirnya kebobolan lagi oleh serangan balik Fulham. Gol ini berawal dari solo run Zoltan Gera yang kemudian memberikan bola kepada Andrew Johnson. Melihat Gera menusuk, Johnson mengembalikan bola kepadanya. Setelah mengontrol, Gera langsung melakukan tendangan salto dan membobol gawang MU, 2-0.

MU mencoba tetap menekan. Sebuah pelanggaran membaut MU mendapat tendangan bebas. Rooney yang mengambil tendangan, tidak pada tempatnya. Wasit meminta diulang. Rooney emosi dengan membuang bola secara emosi. Rooney pun diberi kartu kuning kedua, alias harus keluar.

Bermain 9 orang, MU semakin kesulitan mengejar ketinggalan. Apalagi, waktunya sudah tinggal beberapa menit. MU pun akhirnya harus menerima nasib terpuruk di Caraven Cottage. Posisi MU pun semakin terancam oleh lawan-lawannya, terutama Liverpool dan Chelsea. (*)

BERITA SUKAN VERSI INDONESIA DARI KOMPAS.COM

1 ulasan:

  1. Tanpa Nama22/3/09 5:38 PG

    salam... chealsea pon kene bedal duh.. 1-0..

    BalasPadam

Sendiri mau ingat...

LISTEN TO AL-QURAN ONLINE

Listen to Quran

Blog Archive